Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

DEFINISI XAMPP BESERTA FUNGSI DAN KEUNGGULAN NYA - MEGATRONPEDIA

DEFINISI XAMPP BESERTA FUNGSI DAN KEUNGGULAN NYA - MEGATRONPEDIA

MegatronPedia.com. XAMPP  adalah  sebuah aplikasi perangkat lunak yang banyak mendukung beberapa sistem operasi, yang dimana merupakan sebuah kompilasi dari beberapa program yang ada.
 Didalam XAMPP itu sendiri sudah tersedia Apache, MySQL,PHP dan PHPMyAdmin.

APA SIH FUNGSI DARI XAMPP TERSEBUT ????


XAMPP memiliki fungsi yaitu dia sebagai server sendiri atau biasa disebut sebagai localhost, yang dimana terdiri dari beberapa program seperti Apache,MySQL,PHP dan Perl.
XAMPP itu sendiri merupakan singkatan dari X ( 4 sistem operasi apapun), A (Apache), M (MySQL), P (PHP), P (Perl).


XAMPP sekarang ini biasanya banyak digunakan oleh para mahasiswa maupun pelajar untuk melihat hasil desain website sebelum akhirnya dibuat online menggunakan web hosting yang biasa dijual dipasaran.

APA SAJA BAGIAN - BAGIAN PENTING DALAM XAMPP TERSEBUT ????


Ada beberapa bagian - bagian penting dari XAMPP tersebut sebagai berikut :

  • HTDOCS
Apa itu Htdocs ???? Htdocs adalah sebuah folder yang digunakan sebagai tempat penyimpanan berkas seperti PHP, HTML, dan script lain yang digunakan dalam sebuah halaman website. Secara kapasitas penyimpanan, XAMPP tergantung dari seberapa besar kapasitas hardisk di laptop atau komputer 

  • PHPMYADMIN
phpMyAdmin merupakan bagian untuk mengelola basis data MySQL yang ada dikomputer. Untuk membukanya, buka browser lalu ketikkan alamat http://localhost/phpmyadmin , maka halaman phpmyadmin tersebut terbuka.

  • CONTROL PANEL
control panel tersebut yang berfungsi untuk mengelola layanan (service) pada  XAMPP tersebut. Seperti menghentikan (stop) layanan, ataupun memulai (start) yang kita mau.

Post a Comment

0 Comments