Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Konfigurasi Network Interfaces(IP ADDRESS) di debian (Herp)

Konfigurasi Network Interfaces(IP ADDRESS) di debian(HerP)
  1. Hidupkan PC anda dengan OS Linux Debian milik anda.
  2. setelah itu login sebagai root,jika sudah ketikkan perintah : "nano /etc/network/interfaces".fungsinya yaitu untuk mengkonfigurasi ip address debian anda.Untuk lebih jelas lihat gambar di bawah berikut :
3. Setelah masuk ke konfigurasi alamat IP Debian. Untuk IP Address Debian, bisa di atur sesuai       keinginan. tetapi untuk netmask sesuai dengan perintah subnetting. Contohnya seperti gambar dibawah ini:
Jika sudah, kemudian tekan “Ctrl +O” secara bersamaan lalu tekan “y” kemudian “enter” untuk menyimpan konfigurasi yang telah dibuat tadi.
4. perintah selanjutnya yaitu dengan mengetikkan perintah : "service networking restart". guna nya yaitu untuk merestart network interface yang di buat.
5. selanjutnya kita cek di perintah :"ifconfig", gunanya untuk cek IP debian servernya.
6. jika IP address nya sudah benar,sekarang kita berlanjut ke proses pengalamatan IP di PC Client. Untuk lebih jelas lihat gambar di bawah ini:Jika sudah masuk pada jendela seperti gambar diatas, klik “Properties”  dan akan muncul jendela seperti ini. 

7. Karena IP yang digunakan adalah IP v4, maka kita klik “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)”. Kemudian, konfigurasi IPnya harus selaras dengan IP pada Server supaya bisa saling terhubung satu sama lain. Untuk IP Address kita menggunakan 192.168.10.3(terserah berapa yang mau anda buat), karena IP 192.168.10.2 Sudah kita gunakan sebagai Server. Jika sudah selesai mengkonfigurasi IP komputer Client, klik “Ok”.
8. Tahap selanjutnya yaitu pengecekan koneksi antar server dengan client.caranya yaitu dengan tekan tombol Win+R >ketikkan cmd(command prompt).jika sudah ketikkan ping[spasi] 192.168.10.2(ip address debian server).jika berhasil akan muncul seperti gambar di bawah:
9. jika gagal akan muncul seperti gambar dibawah:


Post a Comment

0 Comments